kisi-kisi biologi 2013
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA Program
IPA (Fisika, Kimia, dan Biologi) Tahun 2013
3. BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami hakikat biologi sebagai ilmu
dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah.
|
1Menjelaskan objek dan permasalahan
Biologi.
|
2.
|
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya
pelestariannya.
|
2Menjelaskan peran Virus,
Archaebacteria danEubacteria bagi kehidupan manusia.
|
3Mengidentifikasi ciri-ciri/peran
kelompok jamur dan protista (jamur, protista, protozoa, alga).
|
||
4Menentukan dasar pengelompokan
mahluk hidup.
|
||
5Menjelaskan upaya pelestarian sumber
daya alam tertentu.
|
||
6Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan.
|
||
7Mengidentifikasi cara
perkembangbiakan hewan invertebrata.
|
||
8Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok
hewan vertebrata.
|
||
3.
|
Menganalisis hubungan antara komponen
ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan
ekosistem.
|
9Menganalisis hubungan antarkomponen
dan aliran energi dalam suatu ekosistem.
|
10Menjelaskan proses yang terjadi
pada daur biogeokimia.
|
||
11Menjelaskan keterkaitan antara
kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
|
||
4.
|
Menjelaskan struktur dan fungsi sel
serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
|
12Menjelaskan struktur sel dan
komponen kimiawinya, serta proses yang terjadi pada sel.
|
13Menjelaskan fungsi organel sel pada
tumbuhan dan hewan.
|
||
14Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan
fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan.
|
||
5.
|
Menjelaskan struktur dan fungsi
sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ
tersebut.
|
15Menjelaskan mekanisme gerak
otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia.
|
16Menjelaskan sistem peredaran darah
pada manusia dan gangguannya.
|
||
17Menjelaskan sistem pencernaan
makanan pada manusia dan gangguannya.
|
||
18Menjelaskan sistem pernapasan pada
manusia dan gangguannya.
|
||
19Menjelaskan sistem ekskresi pada
manusia dan gangguannya.
|
||
20Menjelaskan sistem regulasi (saraf,
endokrin dan pengindraan) pada manusia.
|
||
21Menjelaskan sistem reproduksi
manusia dan proses pembentukan sel kelamin.
|
||
22Menjelaskan mekanisme pertahanan
tubuh
|
||
6.
|
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi proses pertumbuhandan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan
melalui hasil percobaan atau pengamatan.
|
23Menginterpretasi hasil percobaan
pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
|
7.
|
Mendeskripsikan proses metabolisme
karbohidrat dan kemosintesis.
|
24Menjelaskan ciri-ciri dan cara
kerja dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim.
|
25Menjelaskan proses katabolisme
karbohidrat.
|
||
26Menjelaskan zat yang
dikeluarkan/dihasilkan pada proses respirasi aerob.
|
||
27Menjelaskan tahapan proses
anabolisme (fotosintesis)pada tumbuhan.
|
||
28Menjelaskan proses
kemosintesis/respirasi anaerob.
|
||
8.
|
Memahami konsep dasar hereditas,
reproduksi sel, penerapan prinsip- prinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
|
29Menjelaskan susunan
nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
|
30Menjelaskan proses sintesis
protein.
|
||
31Mengidentifikasi tahap-tahap
pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis.
|
||
32Menginterpretasikan persilangan
berdasarkan hukumMendel.
|
||
33Menginterpretasi persilangan pada
penyimpangan semu hukum Mendel.
|
||
34Mengidentifikasi pewarisan
cacat/penyakit menurun pada manusia.
|
||
35Menjelaskan peristiwa mutasi.
|
||
9.
|
Menjelaskan teori evolusi dan
implikasi pada perkembangan sains.
|
36Menjelaskan teori asal-usul
kehidupan dan pembuktiannya.
|
37Menjelaskan prinsip-prinsip penting
pada evolusi.
|
||
10.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip dan
aplikasi bioteknologi
|
38Menjelaskan prinsip dasar
bioteknologi.
|
39Menjelaskan contoh aplikasi
bioteknologi konvensional/ modern.
|
||
40Menjelaskan dampak aplikasi
bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.
|
Komentar