mau dibilang cantik atau pintar

Mau yang Mana?

Disebut cantik atau pintar


cantik dan pintar. sebelumnya sih penulis udah pernah membahas mengenai hal ini, lihat cantik versus pintar, akan tetapi ruang lingkup yang penulis gunakan cukup luas. yaitu antara usia 17 - 35 tahun (masa remaja akhir sampe dewasa, tapi belum menikah). nah, untuk kali ini penulis ingin membahas mengenai hal tersebut tapi terbatas hanya untuk remaja akhir, yaitu anak sekolahan khususnya yang bersekolah di SMA dengan usia 16-18 tahun. karena penulis menganggap kalau usia 16-18 tahun itu merupakan masa - masa genting para remaja. loh kok masa genting? karena pada umur segitu itu kan merupakan peralihan antara remaja akhir dan kedewasaan awal. pada masa - masa segitu juga lagi bingung banget memikirkan tentang masa depan kita nanti mau jadi apa dan juga keinginan untuk tetap eksis dalam pertemanan. lagi galau gitu antara pengen gaul abis atau mau jadi pintar. pengen eksis dan main terus tapi juga pengen diakui sama orang - orang. yah...lagi mencari jati diri gitu deh. belum lagi masalah cowok yang bikin hati serasa mau meledak. uahh......gokil abis.

ehm...trus apa hubungannya dong sama judul yang penulis ambil kali ini? penulis mengambil judul seperti itu karena penulis sendiri penasaran. sebenarnya apa sih yang diinginkan cewek - cewek itu? disebut cantik atau pintar? karena penulis yakin, pelebelan atau keinginan untuk disebut pintar atau cantik tersbut berpngaruh terhadap pola pikir kita, tindakan yang kita ambil, serta sudut pandang kita saat menghadapi suatu masalah.

selain itu, pada penasaran gak sih sebenarnya cewek - cewek jaman sekarang itu lebih suka disebut cewek cantik atau cewek pintar? 
nah ternyata menurut penelitian (cie elah bahasanya -_-) yang penulis adakan di sekolah penulis terhadap 53 remaja cewek dan 21 remaja cowok membarikan hasil yang mengejutkan. penulis pikir, para cewek ini pasti akan bilang lebih di suka cantik dong, namanya aja cewek. akan tetapi, ternyata hanya sebagian kecil aja loh yang ingin di bilang cantik, yaitu 17 suara atau 32%, 31 suara atau 58,5% mengatakan ingin dibilang pintar, 4 suara atau 7,5% ingin di bilang imut / manis dan sisanya yaitu 1 suara ingin di bilang sexy. huuuuu....cukup membuat penulis bertanya - tanya alasan di balik pemilihan tersebut.

akan tetapi, setelah penulis telaah lebih lanjut, alasan para cewek lebih memilih dibilang cewek pintar dari pada cewek cantik adalah :

1. cewek cantik identik dengan istilah cewek murahan, yaitu cewek yang bisa dengan mudahnya di bawa pergi cowoknya kemana mereka suka, yang justru suka digodain ma para cowok, suka kelayaban dan lain - lain. karena mereka yag jawab kayak gini kebanyakan para cewek berjilbab guys, yang gak suka di goda karena itu sama aja penghinaan atau merendahkan harga diri mereka (setuju).

2. cewek cantik itu biasa aja, tapi kalau cewek pintar itu baru luar biasa. nah....kalau ini jawaban yang penulis dapet dari mereka - mereka yang mang dah cantik atau dia memang bener - bener fokus sama urusan sekolah. lagipula, cewek itu mang pada dasarnya cantik kan? setuju gak girls?

3. yang terakhir, karena mereka gak pede alias gak merasa kalau dirinya itu cantik. padahal girls, kecantikan itu bisa kita dapet kalau kita pede ma diri kita sendiri dan gak menyalahkan diri sendiri kalau kita punya kekurangan fatal misalnya. karena kalau kita percaya diri kita cantik, maka orang lain pun akan percaya kalau kita itu cantik. karena kalau kita sendiri aja gak percaya, gimana orang lain mau percaya?

nah itulah jawaban dari para cewek, gimana dengan jawaban dari para cowok? ayok kita intip jawaban mereka.

berbeda jauh dengan jawaban dari parak cowok, 16 dari 21 atau sekitar 76,2% justru lebih memilih cewek cantik daripada cewek pintar. alasnnya simpel aja, karena yang mereka inginkan untuk saat itu adalah cewek yang bisa mereka banggain di depan cowok - cowok lainnya, juga karena untuk umur remaja kan para cowok tersebut memang belum memikirkan untuk tingkatan selanjutnya. lagi pula, itulah kenapa para cewek berlomba - lomba untuk jadi cantik, iya gak guys?

kemudian sisanya, 4 orang mengatakan lebih memilih cewek pintar dan 2 lgi lebih memilih cewek sexy. yah...sexy girl dapet 2 suara.

 akhirnya guys and girls yang terhormat (menyalahi tata aturan bahasa banget nih!!), semuanya itu balik lagi pada diri kita. mau jadi apa kita ini ya tergantung sama pilihan kita sendiri. karena memang hidup ini adalah sebuah pilihan dan hidup juga merupakan sebuah perjuangan. jadi perjuangkanlah apa yang telah kamu pilih kalau kamu gak mau jadi apa yang gak kamu pilih. salah satunya adalah pendapat kita terhadap diri kita sendiri. sepele memang, tapi secara gak sadar itu akan membentuk pola pikir kita and membuatn kita memilih jalan yang sesuai dengan pola pikir kita. jadi mulai sekarang girls, bilang ke diri kita hal - hal yang positive and jadiin kritikan orang lain sebagai pembangun agar kita bisa jadi seperti yang kita pikirkan dan kita inginkan. sekian dari penulis sob, semoga bermanfaat and sampai jumpa di artikel selanjutnya.

bye bye, muah....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

prediksi soal UN Biologi 2013

pembahasan soal UN Bahasa Inggris 2007-2012

contoh puisi angkatan 20, 45, 50